Connect with us

Tour

Anniversary Ternate Jeep Community Ajak Offroad Penyandang Difabel

Ketika stigma terhadap penyandang disabilitas masih kuat, tentu sulit untuk menjadikan penyandang disabilitas sebagai bagian inklusif dari masyarakat. Karena itu perlu terus-menerus diupayakan menghapus stigma yang telah mengakar di masyarakat.

Pada Anniversary Ternate Jeep Community ke 7 kali ini mengundang para penyandang disabilitas untuk berkeliling destinasi di Kota Ternate.

Salah satu penyandang disabilitas Nurjana mengatakan semua manusia punya hak akan penghidupan. Semua warga kota ini punya hak menikmati kemajuan pembangunan kota ini. Tempat-tempat wisata di kota ini kami juga mau menikmatinya.

“Anniversary Ternate Jeep Community ke 7th ini kami yang dilibatkan merasa bahagia, bagaimana tempat-tempat seindah ini kami bisa kunjungi, terlihat teman-teman disabilitas senang menikmati sensasi offroad dengan melewati jalan bertantangan ini. Mereka merasa kuat hari ini, ini bukan lagi mimpi tapi kenyataan bisa seperti ini,” ungkap Nurjana

Dengan mengusung tema “Tara Boleh Kasiang, Dorang Juga Bisa, dan Torang Semua Setara” Ternate Jeep Community Rute yang di jelajahi yaitu Batu Angus, Sulamadaha dan Tolire Tareba dan berakhir di landmark Kota Ternate.

Kegiatan ini, Ternate Jeep Community melibatkan komunitas kolaborasi yaitu Himpunan Paramuwisata Indonesia (HPI) Maluku Utara dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Maluku Utara.

Ketua Ikatan Disabel Maku Risal Asor mengatakan bahwa kawasan landmark yang merupakan salah satu public space di Ternate belum memberikan akses bagi penyandang disabilitas. “Ke depannya saya berharap pemerintah dapat menyediakan asksesibilitas bagi difabel untuk menikmati pembangunan Kota Ternate secara berkeadilan,” kata Risal.

“Mari jadikan kota ini kota yang maju dengan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk relatif lebih merdeka dan bisa mandiri. Mari Jadikan kota kecil ini sebagai kota yang ramah terhadap difabel,” lanjutnya.

Sementara Sekertaris Ternate Jeep Community Dewa Wahyu menjelaskan Ternate Jeep Community memasuki usia yang sangat bersejarah. “Menjajal medan offroad dengan naik Jeep itu sudah biasa. Tapi berkendara dengan saudara difable itu sangat luar biasa,” ucapnya bangga.

Ucapan terimakasih yang di sampaikan Ketua Ternate Jeep Community Rudy Djafar kepada komunitas-komunitas yang hari ini berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan ini hinggah berjalan lancar sampai selesai.

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending