Connect with us

Tour

Yuk Belanja Produk Lokal Sambil Bleisure ke Desa Wisata

Desa wisata merupakan salah satu destinasi yang dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung, dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di wilayahnya masing-masing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menjelaskan pengembangan desa wisata yang menjadi salah satu program unggulan Kemenparekraf diharapkan menjadi lokomotif penggerak untuk pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Program unggulan kita, yang diharapkan bisa menyentuh masyarakat di seluruh nusantara yaitu pengembangan 244 desa wisata yang kita targetkan hingga 2024 menjadi desa wisata mandiri, saya melihat desa wisata membangkitkan satu pariwisata di era baru,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, pertengahan Maret 2021.

Sebagai salah satu atraksi, desa wisata juga cocok dijadikan pilihan ketika bleisure #DiIndonesiaAja mengingat jumlahnya yang cukup banyak. Contohnya adalah Desa Wisata Penglipuran di Bali, Desa Wisata Lumban Bulbul di Toba, Desa Wisata Karangrejo di Jawa Tengah, dan masih banyak lagi.

Beruntungnya setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari ranah kuliner hingga kerajinan tangan, yang kini sedang dimaksimalkan lewat gerakan #BanggaBuatanIndonesia. Kira-kira apa saja yang bisa dibeli saat bleisure ke desa wisata? Berikut daftarnya:

Kuliner

Sampai kapan pun, urusan kuliner di Indonesia tidak akan habis diulas. Berkunjung ke sebuah daerah saja, kita sudah disuguhi berbagai macam makanan. Misalnya jika sempat mengunjungi Desa Wisata Penglipuran saat bleisure di Bali, maka jangan lupakan kuliner khasnya seperti loloh cemcem dan sueg.

Wastra

Kain tradisonal atau wastra merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang juga bisa ditemukan saat bleisure ke desa wisata. Saat berkunjung ke Desa Wisata Lumban Bulbul di Toba, sangat disayangkan jika melewatkan kesempatan untuk berburu ulos khas Toba yang melegenda.

Kerajinan tangan

Keunikan di tiap daerah tak cuma sebatas kuliner dan wastra saja, kerajinan tangan juga merupakan pilihan yang cocok untuk diburu. Jika berkunjung ke Desa Wisata Karangrejo di Magelang, jangan lupa untuk berburu kerajinan pahat batu khas di kawasan Borobudur, mulai dari ukuran mini hingga skala kolosal.

Namun satu yang harus diingat, saat sesi berburu produk lokal di desa wisata jangan pernah abaikan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Karena dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, maka berwisata akan terasa aman.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending