Connect with us

Digest

UMKM Babel Didorong Kemenkominfo Lebih Aktif Di Kancah Nasional

Kemenkominfo

Memanfaatkan hasil produksi dan olahan di daerahnya, UMKM lokal didampingi untuk berekspansi ke luar daerah dengan mengoptimalkan aplikasi-aplikasi digital. Hal tersebut dikatakan Plt. Direktur Ekonomi Digital, Kementerian Kominfo RI, I Nyoman Adhiarna, Jumat (23/07/2021).

Berkembang pesatnya teknologi digital, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku UMKM. Peluang ini bisa terwujud ketika para pelaku UMKM mampu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial dan aplikasi penunjang toko-toko online sehingga proses bisnisnya menjadi lebih efektif dan efisien. Sebut saja aplikasi media sosial, aplikasi agregator, aplikasi kasir, aplikasi pembukuan, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan Active Selling yang diselenggarakan dari bulan Juli hingga Desember 2021, Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI memfasilitasi 2.600 UMKM di sektor produksi dan pengolahan yang berlokasi di Bangka Belitung, didampingi dalam memanfaatkan teknologi digital.

Pendampingan ini berupa training-training pemanfaatan aplikasi-aplikasi digital. Fasilitator yang bertugas siap untuk melakukan pendampingan baik secara online maupun offline. Untuk memudahkan pendampingan secara online, Kemenkominfo akan memberikan paket data kepada UMKM. Namun, bagi mereka yang sibuk, fasilitator akan datang ke lokasi bisnis.

Memiliki Destinasi Wisata Tanjung Kelayang yang sedang diprioritaskan, Babel juga punya berbagai hasil produksi dan olahan UMKM. Sebut saja cindera mata dan makanan khas. Produk-produk ini dapat dipasarkan ke luar Babel dengan cara-cara online.

“Dengan menjual produk-produk khas lokal, maka UMKM masing-masing daerah memiliki differensiasi produk. Jika dimaksimalkan dengan pemanfaatan aplikasi digital, produk-produk UMKM ini dapat berbicara di kancah nasional, bahkan internasional,” ujar I Nyoman Adhiarna.

Kegiatan Active Selling juga didukung dengan publikasi untuk meningkatkan Awareness masyarakat melalui radio-radio yang menjangkau hingga ke pelosok daerah, mengajak para pelaku UMKM untuk memaksimalkan kesempatan mengembangkan usahanya dengan mengoptimalkan penggunakan aplikasi digital. Awareness ini juga ditujukan kepada stakeholders terkait, agar dapat bersinergi dalam mendorong perkembangan UMKM di daerahnya.

Bersamaan dengan adanya Kegiatan Pendampingan, Kominfo RI juga melaksanakan survei terhadap 3.700 UMKM secara online dan offline. Survei ini bertujuan untuk memperbaharui data terkait adopsi teknologi digital oleh UMKM, yang dapat digunakan sebagai dasar bagi pelaksanaan program berikutnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending