Connect with us

Tour

Bukit Bintang, Romantisme di Atas Kota Jogja

Jogja memang tak ada habis-habisnya jika membicarakan objek wisata. Mulai dari deretan pantai-pantai yang luar biasa di area Gunungkidul, hingga area hutan pinus yang sejuk di dataran tinggi, hingga objek wisata sejarah Candi yang penuh dengan keagungan masa silam.

Namun ada satu tempat rekreasi lain yang unik di Jogja. Kota ini punya tempat  nongkrong spesial. Jika pergi nongkrong dengan pergi ke mall, lihat barang-barang bagus adalah tujuannya. Jika pergi nongkrong ke alun-alun, lihat orang lalu lalang yang jadi sasarannya. Sedangkan jika nongkrong di Bukit Bintang Jogja menikmati romantisme adalah hasilnya.

Bukit Bintang Jogja berada di tepi jalan yang menghubungkan Jogja dengan Wono Sari tepatnya di km 15, di bukit Patuk Kabupaten Gunung Kidul. Bukit ini aslinya bernama bukit Hargo Dumilah, namun karena sensasi melihat bintang yang dirasakan para pengunjung, maka nama Bukit Bintang Jogja jadi melekat pada bukit ini.

Menikmati romantisme itulah sensasi yang diperoleh dari pesona Bukit Bintang Jogja. Suasana senja dengan memandang ke arah Barat Kota, laksana memandang langit yang penuh bintang gemerlap. Padahal sesungguhnya kita sedang memandang landscape kota Jogja dengan gemerlap lampu lampunya. Sungguh sebuah suasana yang menawan hati.

Lokasi ini benar benar tiada tandingannya, sebagai tempat untuk mengamati kota jogja dari ketinggian. Posisi Bukit Bintang Jogja yang sangat strategis berada di tepi pegunungan yang menghadap langsung ke barat, ke arah kota Jogja yang ada di sebelah baratnya. Kawasan ini apabila diakses dari kota relatif tidak jauh dan tidak membuat anda capek di perjalanan.

Rute yang dilalui untuk menuju Bukit Bintang tidak terlalu sulit. Hal ini karena Bukit berada di tepi jalan raya utama yang menghubungkan Jogja dengan Wono Sari. Untuk mencapai lokasi Bukit Bintang Jogja bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Namun akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, karena kita bebas menentukan kapan waktu kita meninggalkan lokasi,  tanpa harus bergantung kepada jadwal keberangkatan kendaraan umum.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi dari kota Jogja ambil jalan menuju Jalan Jogja Wonosari, kemudian di Pasar Piyungan lurus jalan agak mendaki sampai di Tikungan Bokong Semar. akhirnya sampailan di Hargo Dumilah. Jarak Jogja dengan bukit ini kira-kira 20 KM yang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit perjalanan.

Jika menggunakan transportasi umum, baik Berangkat dari Jogja maupun Solo kita Turun di perempatan Ringroad Jalan Wonosari. Kemudian berganti kendaraan di perempatan itu dengan menaiki bus besar atau bus kecil. Biayanya sekitar Rp5.000. Kita akan dihantarkan hingga sampai ke lokasi dalam waktu sekitar 30 menit.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, harus sedikit berhati-hati terutama setelah pertigaan Piyungan. Di area ini Jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok, bahkan tikungannya relatif tajam dan curam. Yang penting harus diingat adalah hindari berkendara di belakang truk truk besar dengan muatan penuh.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending