Connect with us

Digest

Syamsuddin Raga Siap Perjuangkan Keluh Kesah dan Angan-Angan Masyarakat

Reses di tengah pandemik. Begitulah kira-kira yang terjadi saat ini. Reses masa Sidang III Tahun Anggaran 2019-2020 sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Reses kali ini dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Semua warga wajib mengenakan masker, cuci tangan, dan saling jaga jarak. Hal itu ditempuh demi mencegah penularan virus Covid-19. Itu anjuran pemerintah yang harus ditaati.

Pengajuan usulan pembangunan fisik masih mendominasi kegiatan reses penjaringan aspirasi masyarakat oleh Anggota DPRD Kota Makassar, Syamsuddin Raga di Dapil III Kecamatan Biringkanya – Tamalanrea.

“Keluhan terkait perbaikan pembangunan fisik masih menjadi topik utama dalam reses kali ini, yang sering disebut warga, seperti perbaikan jalan, penerangan jalan umum, pembenahan saluran air. Hasil reses ini menjadi usulan pembangunan yang dibawa Dewan,” ujar Syamsuddin Raga, Minggu (21/6/2020).

Secara umum kebutuhan warga di tiap kelurahan hampir sama. Selain masalah pembangunan fisik, dominasi usulan kesejahteraan berada di peringkat kedua. Misalnya tidak meratanya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), pembagian sembako saat PSBB lalu, jaminan kesehatan dan pendidikan.

Munculnya warga miskin baru imbas menggilanya Covid-19 mengakibatkan PHK dimana-mana, usaha kecil menengah gulung tikar karena sepi pembeli, pekerja serabutan pun demikian. Ekonomi diterpa krisis hampir di setiap lapisan.

Syamsuddin Raga memulai kegiatan temu konstituen di Perum Saosarana Indah Manuruki, Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Selasa (16/6/2020). Warga Manuruki banyak mengeluhkan terkait fasilitas umum, infrastruktur, terutama sarana pendidikan.

Syamsuddin mengatakan, salah satu bangunan sekolah di wilayah tersebut sangat mendesak untuk dilakukan renovasi karena bangunannya yang tidak layak pakai. Khususnya pada bagian kelas, toilet dan perpustakaan.

Hari kedua dilanjutkan ke wilayah BTN Dewi Kumalasaru Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya, Rabu (17/6/2020). Di sini Syamsuddin Raga menyoroti terkait keamanan warga.

Dikatakan, perlu adanya kamera CCTV di setiap sudut strategis untuk menekan jumlah tindakan kriminal.

Temu konstituen titik ke tiga berada di Perum Bukit Hartaco Indah Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Kamis (18/6/2020). Legislator partai Perindo itu menekankan peran vital keluarga dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja. Seperti yang marak terjadi dewasa ini adalah tawuran antar dua kelompok pemuda.

“Saya tekankan peran kelurga menanamkan pendidikan karakter pada anak-anaknya menjadi benteng terdepan untuk mencegah kenakalan tersebut dalam hal ini tawuran antar pemuda,” tegas Syamsuddin di hadapan puluhan konstituennya.

Masalah kesejahteraan masyarakat menjadi topik utama saat reses di di Kelurahan Bulurokeng RW 2 RT 2, Biringkanaya, Makassar, Jumat (19/6/2020). Warga mengeluhkan tidak meratanya bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Pasalnya data yang digunakan adalah data lama yang belum diperbarui.

Banyak muncul warga miskin baru, sementara tak sedikit pula penerima PKH yang telah meningkat kesejahteraannya. Ini menjadi perhatian Syamsuddin Raga untuk ditindaklanjuti ke parlemen.

Usulan pembangunan fisik infrastruktur jalan mendominasi keluhan warga Kelurahan Laikang, Kecamatan Biringkanaya, Sabtu (20/6/2020). Di sini Syamsuddin Raga memberi bantuan langsung berupa semen berasal dari dana pribadinya sendiri guna perbaikan jalan.

Malam harinya di titik terakhir, temu konstituen dilaksanakan di Kelurahan Daya. Syamsuddin mendapai keluhan terkait buruknya drainase induk atau kanal sehingga wilayah ini menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

Salah satu yang menghambat aliran air di drainase tersebut selain sampah adalah tanaman enceng gondok yang memenuhi kanal. Sehingga warga meminta untuk dicarikan solusi cepat agar enceng gondok tersebut tidak lagi tumbuh.

“Sebagai wakil rakyat di parlemen menjadi tanggung jawab saya untuk menyuarakan aspirasi masyarakat konstituen. Saya akan meminta dinas terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup untuk segera dibereskan,” seru Syamsuddin.

Secara keseluruhan, Syamsuddin Raga menjaring seluruh aspirasi masyarakat untuk dicarikan solusi konkret ke depannya. Ada hal yang menjadi skala prioritas untuk lebih dulu ditindaklanjuti.

“Aspirasi semua kita tampung dan Insya Allah aspirasi masyarakat ini akan saya perjuangkan,” paparnya. (end)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending