Connect with us

Festival

Sukses Digelar, Festival Bumi Rafflesia 2019 Resmi Ditutup

Setelah sukses dihelat selama 5 hari dari tanggal 18-22 Juli 2019, Festival Bumi Rafflesia (FBR) 2019 yang baru pertama kali masuk dalam top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata RI resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Senin (22/7) malam di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti dalam sambutannya, Senin (22/7/2019) yang mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, bahwa Provinsi Bengkulu sudah saatnya menjadi destinasi yang berdaya saing serta mampu menjaring wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

“Agar destinasi pariwisata dapat terus berlangsung dan menguntungkan maka kita harus kompetitif baik dalam produk dan harga, serta unggul dalam memberikan pelayanan,” kata Nopian Andusti.

Nopian menambahkan, bahwa salah satu hal penting dalam pembangunan kepariwisataan adalah membuat Calender of Event pariwisata yang berbasis budaya dan kearifan lokal serta menjadi daya tarik wisata.

“Promosi dan daya tarik apabila dikemas dengan baik dan profesional akan menjadi media yang efektif untuk menjaring kunjungan wisatawan ke Provinsi Bengkulu,” jelasnya.

Diharapkan Festival Bumi Rafflesia dapat terus dilaksanakan secara tetap dan terjadwal sepanjang tahun dan menjadi daya tarik wisata serta menjadi momentum untuk penyelenggaraan yang lebih besar dan menjadi bagian dari Visit Wonderful Bengkulu 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Irsan Setiawan mengatakan, seluruh rangkaian Festival Bumi Rafflesia 2019 Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak pemerintah, swasta, dan masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungannya kepada semua pihak yang telah menyukseskan event ini. Semoga kerjasama ini kedepannya semakin ditingkatkan demi kemajuan daerah dan menjadikan Bengkulu sebagai destinasi pariwisata dengan keragaman budayanya dan dapat mempertahankan Festival Bumi Rafflesia dalam top 100 Calender of Event (CoE),” ungkap Irsan.

Selama Festival Bumi Rafflesia 2019 beragam acara juga digelar, diantaranya; Festival Kopi, Festival Kuliner, Lomba Seni Lukis, Pagelaran Seni Budaya, dan produk-produk unggulan Provinsi Bengkulu.

Dalam acara penutupan kali ini juga banyak hiburan dan pertunjukkan seni budaya yang ditampilkan. Selain dari Indonesia, perwakilan dari negara lain seperti, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Amerika, turut memeriahkan acara penutupan FBR 2019 dengan menampilkan budaya masing-masing negara.

Pada acara penutupan kali ini sekaligus dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka Festival Bumi Rafflesia 2019, diantaranya Bengkulu Fashion Carnival, Stand terbaik kategori Pemerintah, BUMN, BUMD dan Swasta, serta Lomba Seni Lukis, dan Kompetisi Musik Dhol.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending