Connect with us

Transportation

Scoot Maskapai Pertama yang Pakai Chatbot untuk Pemesanan

Foto: istimewa

Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik Singapore Airlines Group, telah meluncurkan chatbot, yaitu fitur yang memungkinkan penumpang untuk melakukan chat, di halaman Facebook Scoot Singapura melalui Facebook Messenger.

Bertepatan dengan setahun merger Tigerair dan Scoot, chatbot yang dinamai M.A.R.V.I.E. (Scoot’s Most Awesome and Resourceful Virtual Intern Ever) tersebut merupakan chatbot milik maskapai yang pertama di Asia yang tidak hanya dapat menjawab pertanyaan konsumen tetapi juga dapat melakukan transaksi.

Menjadi terobosan Scoot sesuai dengan visinya untuk memberikan pengalaman kepada konsumen melalui berbagai channel, M.A.R.V.I.E telah diluncurkan secara resmi pada 23 Juli 2018. Selain menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris, M.A.R.V.I.E juga dapat membantu konsumen mencari jadwal penerbangan, menampilkan tarif dan ketersediaan penerbangan sesuai dengan situs web dan aplikasi seluler Scoot, memesan tiket, dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Sejak diluncurkan secara resmi pada 23 Juli 2018, M.A.R.V.I.E telah melayani rata-rata 50 konsumen per hari, dan berhasil menjawab 37,5% pertanyaan yang datang dari Facebook. Angka tersebut diharapkan meningkat seiring dengan pengembangan M.A.R.V.I.E dan semakin banyaknya konsumen yang berinteraksi dengannya.

Pertanyaan yang paling sering diajukan sampai saat ini antara lain mengenai bagasi, program Scoot Insider, integrasi KrisFlyer, serta pencarian jadwal penerbangan dan pemesanan tiket, membuktikan bahwa ada kebutuhan untuk melakukan transaksi melalui chatbot.

“Setahun sejak merger dengan Tigerair, Scoot telah tumbuh secara signifikan, jaringan kami saat ini mencakup 66 destinasi di 18 negara. Sementara itu, kami juga berinvestasi secara besar-besaran dalam beberapa inisiatif untuk meningkatkan keahlian digital dan pengalaman konsumen kami,” kata Chief Commercial Officer Scoot, Vinod Kannan.

“M.A.R.V.I.E adalah salah satu strategi Scoot mencapai tujuan tersebut; tidak hanya menunggu konsumen, kami berkomitmen untuk menyapa mereka lebih dulu. Sebagai maskapai pertama di Asia yang dapat melakukan pemesanan dan pembayaran melalui chatbot, kami ingin memudahkan konsumen mewujudkan rencana perjalanan mereka bersama Scoot melalui pendekatan mobile-first selain situs web dan aplikasi seluler,” tambahnya.

M.A.R.V.I.E dikembangkan oleh Caravelo, perusahaan teknologi dengan spesialisasi solusi untuk industri penerbangan. “Kami sangat bangga terhadap M.A.R.V.I.E dan kerja sama jangka panjang dengan Scoot. Selama dua tahun terakhir, kami telah memelopori conversational commerce, yang memungkinkan konsumen berinteraksi melalui chat, di industri penerbangan,” ucap Chief Commercial Officer Caravelo, Jonathan Newman.

“Tujuan Scoot menyapa konsumen dan membuat traveling menjadi lebih mudah seusai dengan visi kami di layanan digital dan ritel. Sangat menyenangkan bahwa Scoot dan M.A.R.V.I.E menjadi pionir di Asia,” ujarnya melanjutkan.

Ke depannya, M.A.R.V.I.E akan dapat menerima kode promo, membantu penumpang mengatur dan mengubah jadwal penerbangan, membeli produk tambahan seperti nomor kursi yang diinginkan dan asuransi penerbangan, memesan tiket interline dengan maskapai mitra, dan menerima lebih banyak metode pembayaran. Scoot juga berencana untuk membuat M.A.R.V.I.E tersedia dalam lebih banyak bahasa dan lebih banyak platform, termasuk situs Scoot.

Mulai saat ini, Scoot mengajak Anda untuk mengajukan pertanyaan apapun yang ingin Anda ketahui tentang terbang bersama Scoot, kepada M.A.R.V.I.E di halaman Facebook FlyScoot, untuk membuatnya menjadi lebih baik. Tiga ‘trainer’ terbaik yang dapat meningkatkan kemampuan M.A.R.V.I.E akan memenangkan tiket gratis Scoot ke tujuan yang Anda inginkan! Tiga ‘trainer’ beruntung yang mencapai milestone berinteraksi dengan M.A.R.V.I.E juga akan memenangkan voucher Scoot senilai 100 dolar Singapura.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending