Connect with us

Digest

Runner Bakal Lintasi Destinasi Wisata Palu dan Donggala

Dalam rangka memperingati satu tahun musibah gempa dan tsunami yang menghantam Kota Palu dan sekitarnya, PT QuantumConvex Internasional berkolaborasi dengan pemerintah setempat, menginisasi diadakannya kegiatan Donggala Bisa yang berlangsung pada 27-28 September 2019 mendatang.

Kegiatan yang bertajuk Donggala Half Marathon ini nantinya akan menghadirkan ratusan pelari marathon tingkat nasional. Sedikitnya ada 1500 pelari yang akan ambil bagian dalam acara ini. Sonya Margaretha selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa instansi pemerintah terus mendukung kegiatan ini.

“Selain untuk memperingati kejadian tersebut, dalam kegiatan ini akan diadakan juga berbagai acara bermuatan tujuan sosial yang diharapkan dapat membangun rasa persatuan, baik bagi masyarakat Pasigala sendiri, maupun seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Sonya.

Donggala Half Marathon akan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu 5K, 10K, dan 21K dengan total hadia ratusan juta rupiah. Setiap kategori akan melewati destinasi pariwisata yang ada di Kota Palu dan Donggala. Ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Palu dan Donggala sudah bangkit dari berbagai sektor pasca gempa dan tsunami satu tahun silam. “Rute yang akan ditempuh para pelari nanti ada destinasi wisata di daerah pesisir dan juga bangunan bersejarah,” tambah Sonya.

“Dalam kegiatan ini juga ada beberrapa penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, yaitu Runner Paling Muda, Runner Paling Tua, Runner Dari Pulau Paling Jauh di Indonesia, Komunitas Paling Antusias, Instansi/Kantor Palling Antusias,” ungkapnya.

Dengan demikian, dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka diharapkan sektor perekonomian dan pariwisata wilayah Pasigala yang sempat lumpuh akan kembali berjalan seperti semula.

Selain Donggala Half Marathon terdapat beragam acara seperti Donggala Bersih, sampai kegiatan puncak yang akan dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan pesohor tanah air, baik yang berdarah asli Sulawesi Tengah, maupun dari penjuru tanah air lainnya, dengan mengangkat tema Malam Donasi Donggala.

Acara yang mengangkat konsep “Renungan Rakyat” ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk kembali mngucapkan syukur bersama-sama karena keadaan Pasigala, khususnya Donggala, yang kini sudah berangsur membaik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending