Connect with us

Digest

Roadshow ke AirAsia Indonesia, Menpar Dihadiahi Baju AirAsia Wonderful Indonesia

Roadshow hari kedua di kantor AirAsia Indonesia betul-betul membuat Menpar Arief Yahya terharu. Bagaimana tidak? AirAsia di Indonesia adalah maskapai Low Cost Carrier (LCC) yang menyumbang wisman terbanyak di Indonesia. Mereka juga punya komitmen besar dan serius bersinergi dengan Kemenpar membangun jembatan udara bagi wisatawan mancanegara.

Dan yang membuat Arief Yahya “jatuh cinta” adalah hadiah baju putih, berlogo AirAsia Indonesia dan Wonderful Indonesia. Logo itu dibordir menempel di dada sebelah kanan. “Wow, keren! Terima kasih AirAsia Indonesia!” ucap Menpar Arief Yahya spontan.

Bukan hanya itu, Grup CEO AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan juga memberi souvenir miniatur Airbus 320 yang juga bercorak khas pariwisata Indonesia dan berlogo Wonderful Indonesia. Ini logo yang juga dipasang di pesawat A330 AirAsia X Indonesia. Arief Yahya pun kembali haru, setelah sadar bahwa semua direksi AirAsia mengenakan baju putih dengan logo Wonderful Indonesia.

Baru kali ini, Menpar Arief tersipu-sipu dengan sambutan yang mengesankan itu. Tidak pernah dia sangka, AirAsia begitu komit untuk berkolaborasi sampai ke level branding. Biasanya, mantan Dirut PT Telkom ini menyampaikan apresiasi pada perusahaan yang mensupport pariwisata Indonesia dari awal bertemu.

Tapi kali ini, Menteri Arief terlalu berkonsentrasi pada content roadshow, soal kebutuhan seats, rute-rute baru, pasar China dan India, sampai ke soal penambahan charter flight. “Sekali lagi, terima kasih AirAsia!” sebut Arief Yahya di akhir pertemuan.

 

Roadshow Menteri Pariwisata ke Airlines dan Airport memiliki tujuan khusus, termasuk ketika di AirAsia Indonesia di RedHouse‪, Jl. Marsekal Suryadarma, Tangerang, Banten, Selasa (6/2). Pertama, menawarkan konsep Hot Deals, more for less. Kedua, meminta menambah seats capacity, untuk
menembus 25,5 juta penumpang.

Ketiga, menjadi CoE Calendar of Events 2018 sebagai bagian dari atraksi yang dijual bersama. Semua program Menpar Arief itu disambut antusias oleh Grup CEO AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan. “Komitmen kami untuk mendukung target pencapaian kunjungan wisman ke Indonesia terus kami wujudkan dengan pembukaan rute-rute baru, baik internasional maupun domestik. Kami siap untuk melanjutkan kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dalam bentuk joint promotion, fam trip maupun program-program lainnya,” ucap Dendy.

Seperti diketahui, untuk mencapai target pariwisata 2018 sebanyak 17 juta wisman, dibutuhkan lagi tambahan 1,1 juta seat atau menjadi 25,5 juta seat.

Menurut Menpar Arief Yahya, maskapai yang menyediakan tambahan kursi bisa mengoptimalkan pasar utama. Mengacu data Kemenpar, ada lima pasar yang bisa diekplorasi lagi oleh maskapai, yaitu pasar Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, juga India.

Pada 2017, jumlah wisatawan Tiongkok 1,91 juta atau tumbuh 42,22%. Eropa ada 1,74 juta wisman, lalu tumbuh 14,12%. Australia (1,10 juta), Singapura (1,31 juta), dan India (434,19 ribu).

“Tiongkok sudah jadi pasar utama. Untuk Eropa dijadikan satu karena identik. Meski nomor dua, tapi pasar Eropa menjadi penyumbang devisa terbesar. India juga sangat unik. Pertumbuhannya besar 29%. Kondisi ini harus lebih dioptimalkan lagi. Malaysia, Amerika Serikat, Korea
Selatan, dan Jepang tetap menjadi market penting,” terang Menpar.

Selain pasar potensial, maskapai harus jeli dan terbuka melihat momen saat low season. Mengusung konsep sharing economy, low season bisa disikapi dengan discount. Besarannya adalah 30%-40%. Dan, penurunan harga ini berlaku menyeluruh. Berlaku untuk maskapai, akomodasi, bahkan destinasi.

Di RedHouse AirAsia Indonesia, Menpar Arief Yahya didampingi Staf Khusus Menteri Bidang Aksesibilitas Judi Rifajantoro, Staf khusus Menteri Bidang Komunikasi Don Kardono, Tenaga Ahli Menteri Robert T. Waloni, Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Kemenpar I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, Sekretaris Deputi Pengembangan Pemasaran 2 Kemenpar Giri Adnyani.

Sementara dari pihak Grup AirAsia di Indonesia, turut hadir CEO AirAsia X Indonesia Captain Sulistyo Nugroho Hanung, Director of Flight Operation AirAsia Indonesia Captain Widhi Setyo Dharwanto, Director of Aviation Security AirAsia Indonesia Jurry Suryo Wiharko, Director of Finance AirAsia Indonesia Mikiko Steven, Director of Commercial AirAsia Indonesia Rifai Taberi, dan Director of Maintenance AirAsia X Indonesia Rachmad.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending