Connect with us

Digest

Pusat Grosir Asemka Go Digital Bareng Ralali

Merujuk data yang dihimpun Global Web Index, sekitar 86% masyarakat Indonesia melakukan transaksi online sepanjang tahun 2018. Di tahun yang sama, Bank Indonesia (BI) juga mencatat bahwa nilai transaksi e-commerce mencapai Rp77,766 triliun.

Menyikapi fakta itu, Ralali.com Business to business (B2B) platform mengambil peran dengan memberikan edukasi literasi digital dan solusi bisnis secara langsung, salah satunya melalui kolaborasi dengan Pusat Grosir Asemka. Sinergi ini diperkuat dengan hadirnya Ralali Pay dan Ralali Credit, dua layanan fintech terkini dari Ralali.com, untuk membantu UKM Pusat Grosir Asemka dan jutaan UMKM Indonesia.

Dikenal sebagai sentral produk grosiran yang dituju berbagai pelaku usaha Indonesia mulai dari produk kategori aksesoris, souvenir dan kecantikan, Pusat Grosir Asemka sendiri telah menjadi pusat perdagangan sejak 1989 dengan 1.300 UKM dan 20 ribu pengunjung tiap harinya.

Dengan kesamaan misi membantu UKM yang menjadi pendorong lahirnya kolaborasi berkelanjutan ini, Ralali.com menghubungkan UKM Pusat Grosir Asemka dengan akses modal usaha hingga membantu proses logistik melalui ekosistem supply chain yang dimilikinya.

Menurut CTO (Chief Technology Officer) Ralali.com Irwan Suryadi, menggandeng Pusat Grosir Asemka ini merupakan bentuk komitmen Ralali.com dalam menghadirkan inovasi berkelanjutan bagi berbagai kelas UMKM Indonesia. Sebagaimana diketahui kendala yang dialami oleh UKM di Pusat Grosir Asemka yakni sistem pembayaran yang ada masih konvensional.

Kerja sama ini di penghujung tahun ini tercatat sebagai pilot project program O2O (offline to online) untuk mengedukasi dan memberikan solusi langsung bagi pelaku UKM, sehingga tidak akan menggerus atau menggeser keberadaan pasar tradisional yang sudah terlebih dahulu hadir, namun justru untuk memperkuat pengembangan usaha yang sudah dicapai.

“Kedepannya kami akan menggandeng lebih banyak pelaku usaha ritel tradisional untuk bertransformasi secara digital, sehingga lompatan-lompatan untuk mewujudkan Indonesia Maju sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia benar-benar terwujud melalui sektor UMKM yang nantinya melek teknologi. Produk-produk dalam negeri pun mampu menguasai pasar nasional kita,” tegas Irwan.

SVP Financial Business Ralali.com, Alvin Aulia Akbar menjelaskan, “Kolaborasi ini dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan UKM yang ada melalui Ralali Pay. Pembeli tidak harus pusing membawa uang tunai atau pun bingung harus membayar melalui dompet digital yang mana, karena semuanya dapat dijawab oleh unified QR dari Ralali Pay. Proses transaksi mudah dan cepat ini dilakukan dengan integrasi proses offline ke online,” Papar Alvin.

Produk finansial Ralali Pay merupakan sistem pembayaran yang menggabungkan beberapa virtual wallet menjadi 1 QR Code untuk memudahkan buyer dan seller Ralali.com dalam melakukan dan menerima pembayaran. Sedangkan Ralali Credit merupakan produk inovasi berbasis finansial teknologi untuk membantu UKM dan UMKM memperoleh akses permodalan dalam bentuk kebutuhan usaha secara langsung.

Alvin menambahkan, dengan Ralali Credit UKM Pusat Grosir Asemka dapat lebih berkembang pesat dan fokus kepada penjualan, karena dengan adanya “KYC” (Know Your Customer) dan rekam digital yang telah terjadi dari transaksi jual-beli pada Ralali Pay akan mempermudah pelaku UKM untuk mendapatkan permodalan, tanpa harus mendaftarkan dan mengajukan pinjaman modal kerja terlebih dahulu. Solusi ini menjawab masalah di lapangan dimana 22% UMKM Indonesia sulit mendapatkan akses modal menurut data dari Bank Indonesia.

Melalui kehadiran Ralali Pay dan Ralali Credit, pengembangan usaha UKM di Pusat Grosir Asemka akan semakin lebih tepat dan cepat. Pasalnya secara umum untuk penerimaan dan pembayaran masih menggunakan mesin EDC ataupun cash, kehadiran Ralali Pay dapat mempercepat proses transaksi.

Cashback yang diterima pun langsung masuk ke wallet aplikasi Ralali.com, dan dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan usaha lain berikutnya. Sehingga jelas dengan sekali mendayung, UMKM benar-benar diuntungkan dan merasakan manfaat dari inovasi dan kolaborasi berbasis fintech ini.

General Manager Pusat Grosir Asemka, Sharon Pangemanan mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Ralali.com dengan memfasilitasi pemasaran secara online bagi pelaku grosir di kawasannya. Ia meyakini, era digital memberikan kemudahan dan keuntungan para pelaku UKM, khususnya perluasan akses pemasaran dan kemudahan bertransaksi.

“Kebanyakan toko di sini grosir. Jadi selain butuh gudang, kita sebagai penjual tetap butuh toko untuk memasarkan produk sekaligus sebagai etalase offline (display produk). Tetapi sekarang eranya sudah serba online. Jadi mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu kolaborasi ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan exposure lebih bagi para penjual, juga mempercepat proses jual-beli. Pembeli bisa tetap melihat jenis, kualitas dan produk barang secara langsung, namun pembayaran dipermudah lewat Ralali Pay, hingga pengiriman produknya pun dapat didukung oleh sistem logistik yang dimiliki oleh Ralali.com. Jadi tidak susah-susah memikirkan bagaimana logistiknya nanti.” kata Sharon.

Kedepannya, lanjut Sharon, infrastruktur kawasan Pusat Grosir Asemka akan dibangun dan ditata kembali, agar 1.300 UKM grosir dan konsumen lebih nyaman bertransaksi. Pihaknya juga berharap kerja sama dengan Ralali.com dapat terus ditingkatkan, sehingga pasar grosir tradisional dan Ralali.com sebagai e-commerce yang fokus bisnisnya memberdayakan UKM dapat berkelanjutan.

“Proyeksi kami, Pusat Grosir Asemka bisa seperti Alibaba. Dimana pelaku bisnis tradisional dan pelaku bisnis digital berkolaborasi bersama, memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi,” pungkas Sharon.

Ralali Pay dan Ralali Credit sendiri terus dikembangkan dan secara komprehensif akan diluncurkan pada awal 2020 untuk dapat dinikmati 63 juta lebih pelaku UMKM se-Indonesia. Nantinya Ralali Pay dan Ralali Credit dapat diakses melalui aplikasi Ralali.com.

Inovasi teknologi finansial ini adalah bukti nyata bahwa Ralali.com sebagai B2B platform pertama dan terbesar di Indonesia, merangkul pelaku usaha khususnya ritel untuk dapat terus berkembang, dimulai dari UKM Pusat Grosir Asemka. Kolaborasi berkelanjutan macam ini diharapkan akan memperluas jangkauan dan meningkatkan pengembangan bisnis UMKM secara mudah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending