Connect with us

Tour

Pink Beach Lengkapi Pesona Komodo

Sesuai dengan namanya “Pink Beach” yaitu pantai berwarna merah muda. Pink Beach merupakan pantai unik yang memiliki pasir berwarna merah muda nan indah. Pantai ini terletak dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Pink Beach adalah satu dari 7 pantai berpasir merah muda di dunia yang hanya terdapat di Pink Beach di Harbor Island, Bahamas, Bermuda, Santa Cruz Island, Filipina, Sardinia, Itali, Bonaire, Dutch Caribbean Island, dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.

Selain kondisi pantainya yang unik, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami. Taman bawah lautnya merupakan istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di sini.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini.

Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Transportasi

Pantai yang tak berpenghuni dan sepi ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuhan Bajo. Paket tour perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu.

Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekira 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda dapat melihat langsung komodo yang mendunia itu di habitat asli mereka dengan memilih jalur trekking tertentu.

Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu sekira 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di Pink Beach. Apabila Anda berminat trekking melalui tebing-tebing karang dan hutan bakau, dibutuhkan waktu sekira 4 jam berjalan kaki sebelum akhirnya tiba di Pink Beach.

Di Labuan Bajo juga terdapat kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang biasanya disewa oleh penyelam yang dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona Flores. Kapal ini juga dapat menjadi pilihan transportasi Anda.

Untuk mencapai Labuan Bajo, terdapat penerbangan dari Denpasar dengan pesawat kecil sejenis Fokker menuju Bandara Komodo selama kurang lebih 1 jam. Dari bandara menuju pelabuhan Labuan Bajo dibutuhkan waktu sekira 10-15 menit berkendara. Anda dapat menyewa mobil untuk menuju pelabuhan.

Kegiatan

Suasana Pink Beach yang sepi membuat kelesatarian alam dan pantai ini tetap terjaga. Di pantai ini terdapat bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya sehingga menambah keindahan dari pantai ini. Berada di pantai yang indah, tenang dan menakjubkan merupakan tempat yang ideal untuk relaksasi.

pengunjung berenang ke bibir pantai

Warna  hijau toska air laut tidak boleh Anda dilewatkan di sini. Selain itu, karang-karang yang ada di laut dapat dilihat langsung dengan mata telanjang. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di sini mengingat kondisi taman bawah lautnya yang masih terjaga dan banyaknya keanekaragaman hayati dengan ribuan jenis ikan, ratusan terumbu karang dan lain-lain.

Selain snorkeling dan diving, di pantai ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berjemur di pasir yang lembut dan menggelitik kulit. Jangan lupa untuk mengabadikan moment Anda selama melakukan kegiatan di pantai ini. Terlebih lagi pemandangan Matahari tenggelam di pantai ini juga terkenal menakjubkan.

foto/komododivecenter.com

Mengingat Pink Beach adalah pantai tak berpenghuni dan berada di kawasan yang terpencil, kebutuhan penginapan dan akomodasi lainnya dapat diperoleh di Labuan Bajo. Apabila ingin menginap di Kampung Komodo, Anda dapat menanyakannya pada penduduk atau guide Anda. Di sana tersedia home stay di rumah penduduk dengan fasilitas sederhana, termasuk ketersediaan makanan yang juga sederhana.

Di Labuan Bajo juga terdapat kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang dapat disewa wisatawan atau penyelam. Kapal ini dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona pulau-pulau di sekitar Taman Nasional Komodo dan Pulau Flores.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending