Connect with us

Digest

Pembentukan Holding Ultra Mikro dinilai Dapat Pulihkan Industri Pariwisata

ARCHIPELAGOS.ID, JAKARTA – Pembentukan holding BUMN ultra mikro dinilai dapat membantu pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lebih cepat saat pandemi.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Hutomo mengatakan pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini tengah bangkit karena tingkat konsumsi dan mobilitas masyarakat melambat akibat pandemi.

“Kondisi usaha saat ini sudah mulai lumayan [membaik]. Dengan holding tentu membuat kondisi dan operasional pelaku usaha lebih baik lagi,” kata Fadjar, dalam keterangan resmi, Senin (17/5).

Seperti diketahui, pemerintah berencana membentuk Holding BUMN ultra mikro yang melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Holding ini ditargetkan terbentuk pada semester II 2021.

Kemenparekraf melihat potensi adanya efisiensi beban penjaminan melalui pembentukan holding BUMN ultra mikro. Pasalnya, intergrasi Bank BRI, Pegadaian, dan PNM dapat menekan beban penjaminan kepada pelaku usaha.

Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan layanan permodalan menjadi yang lebih baik, lebih murah dan jangkauannya juga ikut meluas.
Apalagi, pembentukan holding ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan proporsi kredit perbankan bagi UMKM menjadi 30% dan kenaikan pinjaman KUR tanpa jaminan hingga Rp 100 juta.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan pembentukan holding ultra mikro sudah menjadi kebijakan pemerintah.

Pemerintah ingin memastikan bahwa penyaluran pembiayaan kredit mikro akan lebih terarah dengan bunga yang lebih rendah dan akses mudah. Selain itu juga diharapkan ada pertambahan nasabah baru secara signifikan.

“Jadi kita berharap porsi kredit perbankan untuk UMKM setidaknya bisa naik jadi 30% dengan dorongan dari pembentukan holding ini,” tutupnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending