Connect with us

Tour

Merencanakan Dana Liburan Based on Budget

Liburan Based on Budget

Sebelum berlibur ada baiknya terlebih dahulu melakukan perencanaan budget. Hal ini penting dilakukan agar aktivitas liburan tidak mempengaruhi kestabilan finansial sepulang dari berlibur.

Ada fenomena menarik tentang aktivitas liburan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia biasanya tidak merencanakan liburan mereka atau bahkan tidak melakukan perencanaan untuk budget liburan.

Kenyataannya, biaya liburan itu mahal, apalagi biaya liburan ke luar negeri yang bergantung dari nilai tukar rupiah terhadap Dollar. Baik berlibur ke luar negeri atau di dalam negeri perencanaan budget harus tetap dilakukan dengan baik. Sehingga aktivitas liburan tidak mempengaruhi kestabilan finansial sepulang dari berlibur.

Bagaimana cara mengelola keuangan untuk mewujudkan liburan yang menyenangkan? Berikut tips jitunya:

1.Menetapkan tujuan dan dana liburan
Menetapkan tempat liburan adalah hal yang paling penting dalam merencanakan keuangan. Usai menetapkan tempat tujuan berlibur, kamu bisa melakuka estimasi besarnya dana yang dibutuhkan untuk berlibur. Untuk mencegah liburan yang boros, tetapkan pula dana maksimum yang akan kamu gunakan saat berlibur.

2.Buat Daftar Kebutuhan Sejak Jauh-Jauh Hari
Membuat daftar kebutuhan menjadi penting karena bisa membantu pengeluaran uangmu selama liburan. Yang pasti, kamu harus bisa memilih antara kebutuhan atau yang sekedar keinginan. Sebaiknya buat dua kolom secara terpisah. Kolom pertama berisi daftar kebutuhan yang wajib dipenuhi. Kolom kedua yang tidak wajid dipenuhi atau yang kamu inginkan.

Tiket pulang pergi dan akomodasi tentu masuk di kolom pertama. Sementara untuk membeli aksesoris liburan akan masuk di kolom kedua. Setelahnya, baru kamu dapat menghitung total anggaran yang diperlukan selama liburan.

3.Menentukan Nominal Tabungan Setiap Bulan
Rincian daftar kebutuhan sudah selesai, kini saatnya kamu mulai menabung. Sisihkan tabungan secara rutin dengan nominal yang tetap setiap bulannya. Dengan demikian rencana berlibur bisa segera diwujudkan setelah tabungan kamu terkumpul.

4.Menyisihkan Tabungan untuk Dana Tak Terduga
Biaya berlibur selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jadi, sisihkan tabungan untuk dana tak terduga sekitar 10 persen dari total anggaran yang sudah kamu catat. Ketika nanti ada kebutuhan tak terduga saat liburan, kamu tak perlu repot untuk memenuhinya.

5.Hindari Berhutang Demi Bisa Liburan
Salah satu yang wajib kamu hindari adalah berhutang untuk liburan. Karena hal ini akan sangat berbahaya bagi keuanganmu sendiri. Berhutang membuat kamu tidak bijak dalam menggunakan saat liburan. Merasa tidak harus bersusah payah untuk mengumpulkan uang, kamu cenderung akan menghabiskan jumlah yang lebih banyak daripada anggaran yang sudah ditentukan.

Pergi berlibur kini sudah jadi kebutuhan pokok. Khususnya bagi mereka yang sehari-hari sibuk bekerja, sesekali berlibur tentu berdampak positif bagi produktivitas diri. Namun, masalah dana liburan tentu harus diperhatikan. Jangan sampai agenda senang-senang ini justru membuatmu kebingungan setelahnya.

Jangan sampai kebutuhan untuk berlibur justru menganggu keseimbangan keuangan yang sudah baik-baik ditata. ** (Endra Mardhani)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending