Connect with us

Digest

Menparekraf: UMKM Dapat Mengatasi Resesi Global Tahun Depan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sangat optimis industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mengatasi potensi resesi ekonomi global di tahun depan.

“Ini menjadi fenomena sendiri disaat banyak yang berbicara terkait resesi, emak-emak tadi merasakan ada energi tambahan. Mereka menghadirkan pelita atau cahaya.
Saya yakin target 1,1 juta untuk menciptakan lapangan kerja baru bisa tercipta dari para pelaku umkm,” ucap Sandi di KaTa Kreatif, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (22/10).

Sandi mengatakan kalau UMKM membutuhkan pelatihan dan pemasaran, sehingga dapat mengatasi resesi tahun depan. “Makanya tadi program e-katalog juga kita dorong supaya mereka bisa masuk ke e-katalog. Dan itu menjadi isu terpenting yang selalu diangkat para pelaku UMKM,” tambahnya.

“Kita harus membuktikan kebangkitan ekonomi kita dapat terbuka. Jangan sampe masukan dari para pelaku ekonomi kreatif ini tidak tertampung dan akhirnya mengakibatkan narasi negatif,” lanjut politisi dari Partai Gerindra tersebut.

Kata Sandi, penguatan UMKM harus dilakukan, Yang kedua penyiapan destinasi. Di Purwakarta ini memiliki destinasi kuliner yang luar biasa. “Kita tingkatkan aksesibilitas di Jawa Barat ini, dan penguatan produk-produk UMKM untuk pasar dalam negeri, karena yang menjadi kekuatan di tengah resesi global adalah pasar dalam negeri kita,” ujar Sandi.

Selain itu di hari santri ini, Sandi berharap santriwan dan santriwati di Indonesia memiliki kemampuan yang baik dalam mengadopsi teknologi digital, yang akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending