Connect with us

Tour

Menikmati Panorama Alam dari Silancur Highland Kaliangkrik

Bukan Kabupaten Magelang kalau tidak menyuguhkan wisata-wisata hit di masa pascapandemi saat ini. Salah satu tempat hit yang sedang ramai dikunjungi adalah Silancur Highland, tempat ini bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin merencanakan menghabiskan akhir pekan atau liburan.

Tempat wisata ini menyugukan panorama keindahan alam dari ketinggian. Udaranya yang sejuk serta banyak spot yang Instagramable menjadikan tempat ini menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Dilansir dari Solopos.com, Selasa (1/6/2021), Silancur Highland ini berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya berada di kaki pegunungan Sumbing yang terletak di Dapapan, Desa magli, Kecamatan Kaliangkrik.

Wisata alam ini memiliki beberpa hal yang menarik, seperi berkemah, menyeduh kopi hingga menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise). Saat cuaca sedang baik, pengunjung dapat menikmati sensasi negeri di atas awan yang memukau dan memberikan nuansa santai.

Saat berada di taman bunga, pengunjung akan merasakan seperti musim semi di Eropa. Warna bunga yang bervariasi antara warna ungu, merah muda, dan putih menambah sensasi keindahan yang tidak bisa diungkap dengan kata-kata.

Adapula tempat favorit pengunjung, yaitu taman bunga yang ditata indah dan rapi. Jika ingin berkemah, pengunjung bisa menikmati pemandangan gugusan cahaya bak bintang Kota Magelang yang berasal dari lampu-lampu penerangan.

Silancur Highland ini buka 24 jam dan waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari menjelang matahari terbenam karena pengunjung bisa menikmati sensasi alam dari terbit dan tenggelamnya matahari.

Akses menuju lokasi bisa beragam, tergantung tempat tinggal pengunjung. Jika di ambil dari arah Magelang, perjalanan bisa dimulai dari Alun-alun, kemudian ambil rute ke arah barat menuju Kecamatan Bendongan, tepatnya Pasar Bendongan yang ada di samping Jl. Raya Bandongan.

Dari Pasar Bandongan, lurus ke barat smapai sebuah pertigaan. Lalu jalan lurus terus melalui Jl. Bandongan-Mangli. Selanjutnya cukup lurus saja mengikuti jalan itu sampai Desa Mangli dan nantinya ke Silancur Highland.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Silancur Highland dari pusat Kota Magelang sekitar 18 km. Saat sudah sampai ke Desa Mangli, pengunjung harus melakukan perjalanan yang lumayan menantang karena mengingat lokasi wisata ini ada di kaki Gunung Sumbing.

Harga tiket masuk sangat terjangkau,yaitu Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak. Jika hendak berkemah, maka ada biaya tambahan senilai Rp15.000 per orang. Silancur Highland pun menjadi salah satu objek wisata andalan di Kecamatan Kaliangkrik yang juga memiliki Nepal van Java Dusun Butuh.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending