Connect with us

Festival

Melestarikan Budaya Leluhur Melalui Festival Pantai Lapasi 2022

Festival Pantai Lapasi 2022 akan digelar selama dua hari pada 19-20 Maret 2022, berlangsung di Desa Lako Akelamo, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat.

Festival yang kedua kali digelar itu digagas oleh Karang Taruna Desa Lako Akelamo dengan tema Ino Ngone Koreho Toma Alam Se Budaya atau mari kita kembali ke alam dan budaya, yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan menjaga peninggalan sejarah di desa.

Ketua Panitia Festival Lapasi Muabri F. Dumade menyatakan, seharusnya kegiatan tersebut dilaksanakan pada 4 Maret 2022 kemarin, namun karena ada pemberitahuan dari BMKG terkait cuaca ekstrem, maka kegiatan tersebut ditunda dan akan dilaksanakan pekan depan.

“Setelah mengetahui info dari BMKG bahwa ada cuaca ekstrim pada awal Maret. Kebetulan pada hari itu juga terjadi hujan lebat di Pantai Lapasi dan bertepatan dengan adanya hajatan di desa, sehingga kami dari pihak panitia bernegosiasi dengan Pemerintah Desa maka kegiatan itu ditunda,” jelas Uki sapaannya.

Untuk kegiatan yang dilaksanakan pada festival itu, kata Uki, diantaranya Opening Cermony FPL 2022, Fun Camp, Gala Dinner, Pentas Seni dan Live Accoustic.

“Jadi kegiatan di hari pertama itu dimulai dengan Opening Ceremony, malamnya lanjut Gala Dinner, pentas seni dan live akustik. Selesai live accoustic langsung dilanjutkan Fun Camp,” katanya.

“Selanjutnya di hari kedua itu dilanjutkan dengan kegiatan Fun Trip yang dimulai dari Pantai Lapasi kemudian menyusuri sungai Lako Akelamo, masuk ke Benteng Saboega yang merupakan peninggalan bangsa Portugis, selanjutnya menyusuri Hutan Mangrove Gamtala, kemudian balik ke Lapasi untuk closing ceremony dan pada malam harinya kegiatan panggung bebas dengan konsep bakat anak muda Halbar,” sambungnya.

Uki juga berharap ke depan, event Festival Pantai Lapasi bisa lebih besar lagi dan bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah baik Kabupaten dan Provinsi Maluku Utara.

Sementara itu, Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Halmahera Barat, Rahmat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena membantu mempromosikan wisata di Halbar.

“Kami selalu mendukung serta mensupport selama kegiatan itu berlangsung,” tandasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending