Connect with us

Tour

Keindahan Pulau Gam di Balik Pesona Raja Ampat

KMembicarakan keindahan Raja Ampat takkan pernah ada habisnya, dan kali ini kita akan mengulas tentang Pulau Gam yang menjadi salah satu lokasi wisatanya. Meski terbilang kecil, tetapi pulau ini bisa menampung beberapa desa seperti yang terjadi di Pulau Waigeo, yang masih berada dalam satu kawasan. Berkat lokasinya yang tak jauh dari selat Dampier yang terkenal sebagai spot penyelaman favorit, nama pulau ini pun menjadi ikut terkenal sebagai objek wisata yang cukup ramah untuk kantong para pelancong.

Pulau Gam menawarkan aktivitas wisata yang tak jauh beda dari ‘paket-paket’ wisata kepulauan lainnya. Kegiatan utama di pulau ini masih seputar diving, snorkeling, dan birdwatching. Rimbunan terumbu karang yang memadati selat Dampier di pesisir selatan pulau dan deretan tumbuhan bakau yang turut memadati kawasan tersebut sangat cocok untuk kamu jelajahi. Kamu pun dapat meminta pemilik bungalo untuk memandu kamu ke Manta, wilayah barat Mansuar, kalau kamu ingin melakukan kegiatan snorkeling.

Bahkan, kamu juga bisa sekalian menyelam karena area resort Mansuar cukup dekat dengan spot diving. Tak melulu soal pemandangan bawah air, pulau ini pun terkenal akan keasyikannya untuk melihat burung-burung merak. Apalagi, desa-desa yang menawarkan jasa akomodasi pun terletak tak jauh dari spot ini. Walau Waigeo secara matematis memiliki koleksi burung yang lebih banyak, akan tetapi keriuhan burung-burung di sana pun sudah cukup untuk memanjakan telinga dan mata kamu.

Membahas soal akomodasi, Raja Ampat diver resort merupakan tempat penginapan terpencil kedua setelah Misool. Maka dari itu, kamu tidak perlu terkejut saat tiba di sana dan membaca tarif yang dikenakan selama kamu menginap. Beruntung, pulau ini mempunyai banyak bungalo yang jumlahnya bahkan melebihi pulau-pulau di sekitarnya. Total, ada 3 bungalo di desa Sawinggrai dan 1 di Yanwapnor. Di sini penulis sarankan untuk melakukan kroscek jauh-jauh hari sebelum kamu menentukan pilihan akan menginap di mana. Pasalnya, kualitas dan tarif yang ditawarkan di sana cukup bervariasi. Namun, soal faktor strategis, kamu tidak perlu cemas karena semua bungalo berada cukup dekat di kawasan selat Dampier untuk kegiatan diving dan snorkeling ataupun sekedar untuk menikmati keindahan burung-burung surga.

Terletak di lokasi yang jauh dari peradaban manusia, kamu harus menyewa kapal atau perahu dari Waisai untuk bisa menuju ke Pulau Gam. Sebaiknya, buatlah perjanjian dengan operator kapal untuk menjemput di tempat penginapan. Jauhnya jarak yang harus ditempuh hingga ke lokasi akomodasi, membuat kamu mesti menyiapkan dana sekitar Rp. 800.000,-.

Setidaknya, terdapat 3 spot utama di pulau ini, yaitu selat, teluk barat, dan satu teluk yang cukup tersembunyi. Bagian selat menjadi pemisah antara Gam dan Wigeo dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang terhampar. Selain menawarkan pemandangan atas kapal yang indah, tarikan wisata bawah air juga tak kalah menggoda. Setelah itu, terdapat satu teluk tersembunyi yang kerap luput dari pencermatan wisatawan. Padahal, di dalamnya terdapat deretan koral dan ikan hiu yang menari-nari di antara bebatuan pulau. Terakhir, teluk barat yang menghadap ke Kep. Pef juga layak untuk dikunjungi walau pesona keindahannya tak seindah teluk tersembunyi.

Berwisata ke Raja Ampat, selalu menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa. Dari banyaknya pulau yang ada, nama Pulau Gam terdengar cukup harum meski tak seluas pulau di sekitarnya. Namun demikian, area resort yang berdekatan dengan spot wisata, membuatnya menjadi satu destinasi yang harus dipertimbangkan oleh setiap turis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending