Connect with us

Digest

Hamka Sulap Pattallassang Takalar Lewat Program Kotaku

Sebagai implementasi percepatan penanganan kawasan kumuh, Anggota DPR RI Hamka B Kady terus berupaya mengawal jalannya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) BPM tahun 2021.

Kali ini Program Kotaku menyasar wilayah Kelurahan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu (9/1/2022), Anggota Komisi V yang salah satunya membidangi infrastruktur ini meresmikan serta menyerahkan aset secara langsung kepada warga setempat.

Hamka B Kady memaparkan, proyek yang menyentuh langsung masyarakat kecil atau yang berpenghasilan rendah akan diprioritaskan untuk terealisasi. Salah satunya Program Kotaku.

“Proyek ini mampu menggerakkan ekonomi rakyat, karena dikerjakan oleh rakyat sendiri. Mereka yang mencangkul dan tukang batu adalah masyarakat sekitar. Sehingga bisa mendorong daya beli masyarakat,” ujar Hamka B Kady.

Lebih lanjut, politisi Golkar itu menuturkan Program Kotaku akan terus ia kawal sampai target yang ditentukan. Program ini sengaja ia percepat dalam hal penganggarannya karena proyek ini harus segera dikerjakan di masa pandemi, dimana ekonomi masyarakat tengah terpuruk.

“Demi rakyat agar punya pendapatan, sehingga menumbuhkan daya beli masyarakat dan menggerakkan ekonomi. Saya tidak mau memandang enteng apapun itu yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Mau itu program kecil maupun besar. Saya tidak akan memandang warna partainya, golongan dan agamanya. Saya berdiri untuk seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Kotaku adalah salah satu program padat karya tunai (PKT) yang dilaksanakan melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dan kelompok masyarakat untuk melakukan perbaikan kawasan permukiman kumuh di perkotaan.

Sasarannya adalah untuk mendukung program 100-0-100 yakni 100 persen akses universal air minum, 0 persen pemukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak guna mendorong dan memberdayakan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasannya.

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending