Connect with us

Food & Drink

Citarasa Otot dan Sambal Penyet-nya Indonesia Banget

Bertandang ke Kota Bandung belum lengkap jika tidak menikmati sajian kulinernya yang maknyus. Karena Kota Kembang ini memang terkenal memiliki segudang hidangan khas Nusantara hingga mancanegara yang ramai dijajakan di tiap sudut kota.

Ketika perut Anda menginginkan hidangan khas Indonesia yang ngena di lidah, tak ada salahnya jika datang langsung ke resto Dapur Penyet yang terletak di Jalan Gandapura No. 55, Bandung-Jawa Barat. Sesuai namanya, resto yang telah berdiri sejak 2010 ini, menghadirkan menu andalan berupa hidangan penyet khas Jawa.

Duduk di salah satu sudut ruang, alunan musik Jawa yang berasal dari audio player dipadu dengan nuansa etnik khas Jawa, membuat suasana hati dan pikiran menjadi tenang. Dijamin diri Anda akan merasa rileks dengan suasana yang hadir di resto ini.

Puas menikmati suasana yang dihadirkan, saatnya Anda coba melirik daftar menu-menu apa saja yang disediakan. Resto dengan kapasitas sekitar 200 orang ini, menyediakan aneka menu penyet mulai dari Iga Penyet, Otot Penyet, Buntut Goreng Penyet, Ayam Goreng Sambal Penyet, Bebek Sambal Gledek, Gurame Ciwit Bakar Sambal Mangga, Udang Goreng Penyet, Cumi Goreng Penyet, hingga Jengkol Goreng Penyet.

Penyet memiliki pengertian yang berarti dipukul. Jadi, sebelum dimatangkan setiap bahan utama yang digunakan harus dipukul-pukul demi menciptakan tekstur yang empuk ketika disantap.

Selain menu penyet, Dapur Penyet juga menyediakan menu lain seperti Sup Iga Iga Garang Asem, Sup Buntut, Sup Iga Kari Kelapa, Sup Iga Balung Mekuah hingga aneka menu nasi mulai dari Nasi Goreng Gledek, Nasi Goreng Seafood, sampai Nasi Tutug Oncom Spesial.

Dan salah satu menu yang patut Anda cicipi adalah Otot Penyet. Hadir di hadapan mata, menu ini tampak biasa yakni hanya Otot Sapi Goreng yang sebelumnya telah dipresto bersama bumbu khas Indonesia mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri dan merica yang telah dihaluskan.

Setelah itu, Otot Sapi Goreng ditata di atas piring saji berbentuk cobek tanah liat, bersama Sambal Penyet ala resto Dapur Penyet. Sebenarnya, untuk aneka menu penyetan, resto Dapur Penyet menyediakan tiga jenis sambal yang bisa dipilih yakni, Sambal Penyet, Sambal Ijo, dan Sambal Gledek.

Meski terlihat biasa, saat sepotong Otot Penyet mulai merambah lidah, cita rasa khas Indonesia ditambah teksturnya yang empuk menciptakan sensasi rasa yang ngena banget. Apalagi ketika dilahap bersama dengan Sambal Penyet dan sepiring nasi putih hangat. Yummy…

Sedangkan untuk pelepas dahaga, tersedia aneka minuman yang dapat Anda pesan. Mulai dari Aneka Jus, Es Cincau, Es Cao Milo, Es Kopyor, Es Doger, Es Sarang Burung, Bandrek Bandung, Bajugur Bandung, hingga Ice Cappucino Float.

Fasilitas di resto ini cukup lengkap, mulai dari wi-fi, toilet yang selalu terjaga kebersihan, arena bermain anak-anak, hingga pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit. Resto yang beroperasi setiap hari dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 10 malam ini juga menghadirkan live musik khas daerah setiap hari Jumat-Minggu pada pukul 6 sore hingga 9 malam.

Suasana yang menenangkan ditambah hidangannya yang kental bercita rasa Indonesia, membuat resto ini sering dijadikan tempat nongkrong anggota band asal Bandung lho. Seperti anggota band The Titan misalnya yang sudah sangat sering bolak-balik ke sini. Buruan sambangi!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending