Connect with us

Tour

Si Cantik yang Ikonik dari Bumi Rafflesia

Jangan pandang Bengkulu sebelah mata, kota ini mempunyai salah satu keajaiban yang tidak ditemukan di kota lain di Indonesia. Salah satunya adalah bunga Rafflesia Arnoldi.

Tanah subur Bengkulu menjadi tempat berkembangnya tanaman Rafflesia Arnoldi (padma raksasa). Tanaman ini pertama kali ditemukan tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatra) oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr Joseph Arnold asal Inggris yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles. Maka dari itu, nama Rafflesia Arnoldi merupakan gabungan dari nama dua orang tersebut yang hingga kini menjadi julukan kota Bengkulu sebagai Bumi Rafflesia.

Untuk dapat melihat keindahan bunga ini, Anda harus menuju ke hutan Bengkulu. Apabila dari kota Bengkulu Anda dapat menempuh jarak sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi, karena terletak di Kabupaten Kepahiang, tepatnya di Liku 9, Hutan Lindung Taba Penanjung. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan Bengkulu dan jalan yang berkelok-kelok.

Kali ini saya berkesempatan untuk dapat melihat langsung keindahan bunga ini. Walaupun cuaca agak sedikit mendung, tak menjadi halangan bagi saya untuk menyaksikan bunga langka ini.

Menurut Ilham salah satu pelestari Rafflesia dari Komunitas Cinta Sampai Puncak (CSP), dikatakannya bahwa tanaman ini baru mekar sekitar tiga hari yang lalu dengan ukuran mencapai 1 meter. Tanaman ini tidak bisa diprediksi tumbuh berapa kali. Dalam 1 tahun bahkan bisa tumbuh sampai 3 kali.

“Kami menjaga tumbuhan ini dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Karena tanaman ini termasuk langka,” kata dia.

Selain itu, ia terus mengawasi para pengunjung yang ingin melihat tanaman ini. Yang ia khawatirkan apabila ada pengunjung yang ingin berfoto dengan bunga tersebut takutnya pengunjung menyentuh bunga ini.

“Tanaman ini tidak boleh disentuh, karena tanaman ini sangat sensitif. Apabila tersentuh maka tanaman ini akan cepat mati,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa tanaman ini setelah mekar akan bertahan sekitar 2 Minggu. Dan setelah waktunya habis maka tanaman ini akan membusuk dan mati

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending