Connect with us

Digest

Bendungan Way Sekampung Berpotensi menjadi Objek Wisata Baru di Pringsewu

ARCHIPELAGOS.ID – Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan Way Sekampung, di Kabupaten Pringsewu, Kamis, 2 September 2021. Peresmian ditandai penandatanganan batu prasasti.

Ia mengatakan, pengerjaan bendungan yang menelan biaya Rp1,78 triliun itu tepat waktu dan patut mendapatkan apresiasi.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim bendungan way sekampung di Pringsewu, Lampung, sore hari ini saya nyatakan dibuka dan diresmikan,” ujar Presiden dalam tayangan Youtube sekretariat Presiden, Kamis, 2 September 2021.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Alexander Leda mengatakan selain manfaat bagi sektor pertanian Bendungan Way Sekampung juga berpotensi menjadi kawasan wisata air bagi masyarakat.

“Pembangunan Bendungan Way Sekampung yang hari ini diresmikan oleh Presiden Jokowi telah selesai sesuai target yang di berikan dan bendungan ini juga berpotensi sebagai kawasan wisata air,” ujar Alexander Leda, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan potensi wisata tersebut didukung dengan adanya pembangunan jembatan di area bendungan yang panjangnya mencapai 300 meter.

“Selain menjaga ketersediaan sumber daya air, bendungan juga bisa digunakan sebagai wisata karena ada sejumlah area yang dibangun dengan indah dan dapat digunakan sebagai spot foto, seperti jembatan yang panjangnya 300 meter,” katanya.

Menurutnya, selain dapat digunakan sebagai wisata, direncanakan pula di salah satu titik bendungan akan dimanfaatkan sebagai area olah raga air.

“Kita sudah berbicara bersama pemerintah kabupaten Pringsewu dan persatuan olah raga dayung, untuk merealisasikan genangan di bendungan di titik tertentu sebagai arena olah raga dayung,” ucapnya.

Dia melanjutkan melalui pemanfaatan potensi wisata di Bendungan Way Sekampung, dapat pula membantu memulihkan perekonomian warga di sekitar bendungan.

“Jadi bendungan ini punya manfaat yang banyak tidak hanya penggunaan air, namun masyarakat sekitar dapat mendapatkan penghasilan tambahan salah satunya dengan berjualan sebagai ganti lahan mereka yang tergenang air,” ujarnya.

Perlu diketahui bendungan way sekampung mampu memberi sejumlah manfaat yakni manfaat pertanian dimana dapat mengairi 55.373 hektare irigasi, dari segi pemanfaatan air bersih dapat menyediakan air baku sebanyak 2.737 liter per detik, lalu bisa mereduksi banjir sebanyak 8,85 persen, serta dapat pula berpotensi sebagai sumber daya listrik sebesar 5,4 megawatt.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending