Connect with us

Festival

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Melalui Festival Doe-Doe

Festival Doe-Doe Guraping, Kota Tidore Kepulauan tahun 2021 resmi digelar Rabu (22/12/2021). Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sultan Tidore Husain Alting Sjah, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen.

Kegiatan yang digagas oleh anak muda dan masyarakat Kelurahan Guraping ini berpusat di Pantai Wisata Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen mengapresiasi kegiatan Festival Doe-Doe Guraping Tahun 2021. Festival ini penuh dengan kreativitas dari para pemuda dan masyarakat Guraping yang saling bekerja sama menyukseskan kegiatan ini.

“Kita ketahui bahwa daerah tercinta ini sangatlah kental dengan kearifan lokal yang masih dipertahankan sampai sekarang. Untuk itu saya mengapresiasi para pemuda yang masih mempertahankannya dan bahkan dengan kreativitas mampu mengembangkan seni yang kita miliki,” kata pria yang kerap disapa ayah Erik ini.

“Tetap pertahankan apa yang kita miliki serta kembangkan apa yang mampu dituangkan dalam kreativitas yang kalian miliki. Karena di tangan para pemuda masa depan negeri ini dipertaruhkan,” sambungnya

Wakil walikota dua periode ini juga mengajak kepada semua masyarakat Kelurahan Guraping dan Kota Tidore pada umumnya untuk menjadikan tradisi lokal sebagai roh dari perilaku kehidupan sehari-hari.

“Dengan harapan menjadi salah satu media untuk memasyarakatkan budaya yang dimiliki sekaligus sebagai momentum untuk menggiatkan kegiatan parawisata di daerah ini,” ungkap Ketua DPD PDI Perjuagan Malut.

Sementara, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengatakan disamping kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayaan secara kreatif seperti seni pertunjukan, kulineri, fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

“Sehingga pembukaan festival Doe-Doe tidak harus berahir pada perayaan seremonial namun tumbuhnya UMKM di Lokasi Wisata Doe-Doe harus terus dilakukan,” ujarnya.

Pemerintah Kota Tidore bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengupayakan festival ini akan digelar setiap tahun. Tujuannya agar menjadi sebuah pemicu untuk membangun pariwisata di Kota Tidore maupun Maluku Utara pada umummnya.

“Mari sama-sama kita mendukung Festival Doe-doe dengan harapan kedepan Festival ini bias masuk ke event-event Nasional yang diselenggrakan oleh Pemerintah Pusat,” harap Sultan Tidore

Turut hadir dalam pembukaan Festival Doe-Doe Guraping Pimpinan OPD Provinsi Maluku Utara, Pimpinan OPD Kota Tidore Kepulauan, Muspika Kecamatan Oba Utara, Camat Oba Utara, Para lurah, Kepala Desa se Kecamatan Oba Utara, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kelurahan Guraping, serta masyarakat sekitar.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending