Connect with us

Festival

Ayo Makan Ikan untuk Genarasi Sehat dan Cerdas

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Salah satu sumber pangan adalah ikan yang kaya akan protein, lemak dan vitamin, sehingga sangat bagus bagi pemenuhan nutrisi dan perkembangan kecerdasan. Dengan wilayah laut dan perairan kita yang sangat luas, sudah tentu mengandung ikan yang berlimpah sehingga dapat menjadi sumber pangan.

Perlu diketahui, konsumsi ikan di Indonesia meningkat setiap tahunnya, namun peningkatan tersebut masih jauh dari ideal. Konsumsi ikan masyarakat Indonesia saat ini hanya 47 kg per kapita per tahun (2017), terbilang paling rendah dinegara ASEAN, apalagi dibandingkan dengan negara Jepang yang konsumsi ikannya mencapai 100 kg per kapita per tahun, sehingga perlu terus didorong kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Merujuk pada manfaat ikan itu sendiri dan sekaligus dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, maka perlu terus dilakukan gerakan untuk menggugah kesadaran masyarakat secara berkesinambungan guna mengkonsumsi ikan dan olahannya. Generasi cerdas dan sehat merupakan dambaan setiap keluarga Indonesia.

Untuk itu IKAL 49 dan Ikatan KAHGAMA 88 (Keluarga Alumni Hukum UGM angkatan 88) yang didukung oleh Perum Perikanan Indonesia dan GMT Property 15, terpanggil untuk ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan generasi sehat dan cerdas melalui gerakan ‘Ayo Makan Ikan’.

Gerakan tersebut berupa Bazar yang diselenggarakan di beberapa tempat. Mal Cijantung merupakan tempat awal dalam rangkaian gerakan ini, yakni pada 30 Maret 2018 – 1 April 2018 dan dilanjutkan pelaksanaannya di Kantin Kendal, Jl Kendal No 1 Menteng, tanggal 24 s/d 25 Apri 2018.

Tersedia berbagai macam sajian ikan dengan resep khas Nusantara dan turunannya yang dikombinasikan dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba memasak, Live Music dan lomba mewarnai dengan tema lingkungan laut dan ikan.

“kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung nelayan dan petambak serta pedagang guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka dan sejalan dengan komiten berbangsa dalam mendukung program pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan,” kata Boedhi Setiadjid, Ketua IKAL 49 sebagai wadah alumni PPRA 49, yang sekaligus pemrakarsa gerakan ‘Ayo Makan Ikan’.

Hal yang sama juga disampaikan Risyanto Suanda, selaku Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia. Menurutnya, gerakan ‘Ayo Makan Ikan” sangat menarik dan bermanfaat dan pihaknya sangat mendukung partisipasi masyarakat yang seperti ini.

Sedangkan, Ade Rianti, selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas partisipasi dan dukungan yang diberikan Pimpinan dan jajaran manajemen Mal Cijantung, GMT Property Management, Yoofix dan Wihrasa Group serta pihak pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan sukses.

Dengan konsumsi ikan, Kata Ade, selain untuk memenuhi gizi dan nutrisi, dalam skala nasional dapat mendorong pemenuhan pangan sehinga dapat terwujud kemadirian dan kedaulatan pangan dan tidak tergantung kepada produk impor .”Terwujudnya masyarakat yang cinta produk Indonesia merupakan dambaan kita bersama, terutama dalam meningkatkan konsumsi ikan,” kata Ade Rianti dalam sambutannya.

Untuk itu, mulailah menikmati sajian yang sehat dan berselera dari ikan dengan resep khas Nusantara Anda. ‘Ayo Makan Ikan’ untuk menuju Generasi Bangsa Indonesia yang sehat dan cerdas.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending