Connect with us

Hotel

Artotel Thamrin Pemerkan Wastra Nusantara

Artotel Thamrin Jakarta berkolaborasi bersama Alun Alun Indonesia pamerkan kain dengan judul ‘Flux & Flex’ hingga Juni 2018 mendatang di area lobby hotel dan Artspace Artotel Thamrin Jakarta.

Pameran ‘Flux & Flex’ menampilkan kekayaan wastra nusantara. Sebanyak delapan produk lokal dipamerkan. Di antaranya adalah Citra Lawas, Batik Arimby, Sumba Art, MSW Texrltile, Kekean Batik, Kanawinda, Isam Tenun, dan Rumah Songket.

Motif yang dipamerkan juga beraneka ragam, dari yang bernuansa klasik sampai yang telah berkembang mengikuti perubahan zaman, menjadi hal utama yang ditampilkan. Misalnya ada motif kawung, motif kopi, motif gedek kawung, dan motif puspo lereng swastiko. Koleksi yang dipamerkan akan dibagi dalam dua babak.

Motif tersebut merupakan ciri khas dari pedesaan pesisir Timur Jawa. Sehingga pameran ini akan mudah dicerna masyarakat tapi tidak menghilangkan keragam budayaan. “kita milih batik-batik dari pedesaan. Bukan seperti dari Solo dan Yogyakarta yang motifnya rumit,” papar CEO PT Alun-Alun Indonesia Kreasi, Pincky Sudarman, di Artspace Artotel Thamrin Jakarta.

Melalui pameran ini, Alun Alun Indonesia ingin berpartisipasi berbagi pemahaman serta menumbuhkan apresiasi serta kepedulian tentang keragaman wastra Indonesia kepada masyarakat dan generasi muda. “Kami berharap masyarakat semakin mencintai kebudayaan yang kita punya,” tutur Pincky.

Dalam pameran tersebut, setiap karya yang ditampilkan adalah interpretasi menawan tentang alam dan siklus hidup yang dibuat oleh individu-individu berbakat yang mengabdikan hidup mereka untuk seni dan budaya.

Ratu Triamarshida dari Artotel Thamrin Jakarta mengatakan bahwa, pameran ini juga untuk memperingati Hari Buruh dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. “Pameran ini adalah pameran yang bekerja sama untuk pertama kalinya bersama Alun Alun Indonesia untuk sekaligus memperingati Hari Buruh dan menyambut Ramadan. Selain itu, hal ini juga agar para tamu bisa melihat hal berbeda-beda pada nuansa di Artotel,” ucapnya.

Dicky Panjaitan, Operation Manager Artotel menambahkan, pameran tersebut juga sebagai bentuk dukungan pada produk lokal melalui seni. “Kami menyambut baik kerjasama yang terjalin untuk pameran ini karena kesamaan visi dan misi untuk terus mendukung produk lokal melalui seni dan kreatif,” ujarnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending