Connect with us

Digest

Anela Kaylea! Harpis dan Pianis Cilik yang Harumkan Nama Indonesia di Kancah Dunia

Musisi harpa atau harpis mungkin banyak di Indonesia, tetapi harpis cilik bisa dihitung jari. Usianya baru 12 tahun pada 29 November 2022 ini. Namun ia telah menapakkan kaki di kancah dunia.

Anela Kaylea diam-diam telah membuat bangga negeri ini. Ia adalah satu dari sedikit bocah Indonesia seniman Harpa, jenis alat musik Chordophone yang dimainkan pada zaman mesir kuno dahulu.

Belajar harpa sejak tahun 2017 hasil didikan maestro harpa Heidi Awuy, Anela kini menjelma menjadi musisi harpa cilik dengan segudang prestasi dan pengalaman tampil di depan audiens.

Sebut saja di tahun 2021, Anela sukses menyabet silver medal for Harp Trio di Prestige International Harp Competition di Singapore. Setahun berikutnya, ia kembali menggondol medali silver for Harp Solo, kategori Advanced Level di Prestige International Harp.

Anela tampil pertama kali pada pembukaan SAUL fashion show di Senayan City pada bulan Mei 2018. Penampilannya sukses memukau penonton. Dentingan musik indahnya kemudian menggema di gelaran Harp Musical, “Legends of The Harp” di National University of Singapore pada 8 September 2019.

Bakat Anela kian tak terbendung. Tak hanya tampil di acara seni dan budaya, Anela juga pernah dipercaya tampil di acara edukasi kesehatan yang diprakarsai oleh Rumah Sakit MMC di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat bertajuk CANCER PREVENTION EVENT: FAITH OVER FEAR, pada tanggal 9 Februari 2020.

Selanjutnya ia dipercaya bermain harpa sebagai salah satu delegasi Indonesia di Singapore Harp Fest 2022, di Gardens by The Bay, pada 13 September 2022 lalu.

Anela mendapat dukungan penuh dari keluarga, orang-orang terdekat, hingga pihak sekolah tempat ia menimba ilmu akademik. Saat ini ia masih duduk di kelas 7 Binus School Simprug, Jakarta Selatan.

Bakat seninya tak hanya cemerlang dalam hal memetik dawai Harpa, Anela ternyata juga mahir bermain piano dan memiliki suara yang indah di bawah asuhan Gabriella Miranda.

Lagi-lagi Anela mengukir prestasi gemilang. Tahun 2017 ia sukses meraih Diamond Award for Indonesia National Piano Festival. Setahun berikutnya menyabet juara I pada Commendation for Essex Indonesia Piano Competition 2018. Tak puas sampai disitu, tahun 2019 Anela meraih juara III Commendation for Rhapsodie Indonesia Piano Competition.

Dan ukiran prestasi terbarunya, Anela berhasil meraih juara II for Indonesia Piano Competition dan menjadi finalist for 10th Hongkong International Youth Performing Arts Festival 2023.

“A proud mom is me!” begitu reaksi spontan ibu Anela, Felia Kharissa yang tak sanggup menyembunyikan rasa bangganya terhadap prestasi cemerlang sang putri.

Felia Kharissa merupakan salah satu sosok kunci di balik kesuksesan Anela. Mantan advokat ini selalu menanamkan sikap kesatria dan membakar semangat juang Anela.

“Jangan pernah khawatir menang atau kalah dalam sebuah kompetisi, karena Anela sudah berusaha maksimal. Yang terpenting adalah memperbanyak pengalaman dan menambah teman. Ingat di dalam hati dan pikiran Anela, bahwa Mama selalu bangga kepada Anela,” demikian nasehat yang selalu ia bisiki di relung putrinya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending