Connect with us

Festival

11 Maret 2018, Peringatan Hari Kopi Nasional Pertama

Berlokasi di Intermark Convetion Hall, Serpong, Tangerang, kepengurusan Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) telah resmi dikukuhkan, Minggu (11/3/2018) kemarin.

Pengukuhan itu seiring dengan digelarnya Pameran 7 Expo Kopi Nusantara plus pencanangan Hari Kopi Nasional oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Lewat pencanangan itu, secara resmi setiap tanggal 11 Maret diperingati sebagai Hari Kopi Nasional. Peringatan Hari Kopi Nasional pertama ini nantinya akan dilakukan di tahun-tahun mendatang setiap tanggal 11 Maret.

Anton Apriyantono selaku Ketua Umum Dekopi mengungkapkan, penetapan Hari Kopi Nasional merupakan momentum pengukuhan pengurus Dekopi yang pertama tercatat menjadi sejarah. Karena itu setiap 11 Maret akan dicanangkan sebagai Hari Kopi Nasional.

“Kita canangkan hari ini sebagai hari kopi Indonesia. Soal lainnya nanti akan menunggu pemerintah. yang pasti jangan sampai hari kopi kita sama dengan hari kopi internasional,” ungkap mantan menteri pertanian ini.

Anton menambahkan, banyak pihak yang berjasa dalam mempersiapkan Dewan Kopi Indonesia. Menurutnya, Dekopi akan menjadi partner yang baik bagi pemerintah dan swasta.

Bagi pemerintah, jelas Anton, Dekopi akan mengidentifikasi persoalan kopi, regulasi, standar, dan program sehingga pemerintah mendapat masukan yang baik untuk perbaikan sistem perkopian Indonesia.

“Intinya bahwa bagaimanan mensejahterakan pelaku usaha kopi khususnya petani. Untuk itulah kita secara bersama akan menerapkan sistem yang memberikan kesejahteraan bagi pelaku kopi Indonesai dari hulu sampai ke hilir,” ujar Anton.

Lebih lanjut, Anton menjelaskan bahwa pihaknya juga mendapat amanah dan tantangan dari Menteri Pertanian agar segera bergerak dan menjalankan program Dekopi.

“Ini tadi kita diminta untuk segera melaksanakan program. Bahkan tadi kata pak Menteri kalau perlu bulan April, program sudah bisa dijalankan,” pungkas Anton seraya tersenyum.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending